Mengapa Harus Belajar Digital Marketing ?

Sejak awal tahun 2000, teknologi informasi telah memasuki pasar utama dan dikembangkan lebih jauh menjadi apa yang disebut sebagai new wave technology. New wave technology adalah teknologi yang memungkinkan konektivitas dan interaktivitas antar individu dan kelompok (Kotler, 2011 : 5). New wave meliputi tiga kekuatan utama: komputer dan telepon genggam yang murah, internet yang murah, dan open source. Dalam era new wave, ekonomi yang dipertimbangkan tidak hanya pertumbuhan ekonomi, tingkat suku bunga, dan inflasi saja melainkan juga faktor ekonomi digital. Keberadaan ekonomi digital ditandai dengan semakin maraknya bisnis atau transaksi perdagangan yang memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi, kolaborasi dan kooperasi antar perusahaan ataupun antar individu.

Bisnis dan marketing adalah dua hal yang tidak mungkin berpisah, dan internet marketing dengan teknologi digital adalah metode marketing masa kini.

Istilah digital marketing sudah tidak asing di telinga masyarakat saat ini. Saat ini, banyak orang dan perusahaan yang memasarkan produknya melalui digital marketing. Berbagai perusahaan pun banyak mencari — cari pekerja digital marketer untuk mendukung bisnisnya. Selain memasarkan produk, digital marketing dapat memasarkan/menawarkan jasa sesuai dengan keahlian/bidangnya. Jadi, mari ketahui apa sebenarnya pengertian digital marketing, bagaimana cara kerjanya dan apa saja yang bisa dilakukan lewat Digital Marketing ini. Mungkin diantara kalian ingin menjadi pengusaha atau ingin mendalami ilmu Digital Marketing, wajib tahu soal jenis pemasaran terbaru ini agar penjualan produk meningkat.

Apa itu Digital Marketing ?

Digital marketing adalah Suatu usaha untuk memperkenalkan suatu produk kepada pembeli/calon pembeli/konsumen. Dengan digital marketing, maka penjualan produk/jasa dapat terjangkau ke seluruh daerah tanpa batasan. Pemasaran digital ini memadukan teknik serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi. Setelah mengetahui pengertian Digital Marketing, mungkin kalian bertanya-tanya, “lalu apa tujuan yang dicapai melalui Digital Marketing ini?.” Mari kita ketahui bersama.

Apa Sih Tujuan Digital Marketing ?

Tujuan utama dari Digital Marketing adalah pemasaran yang memanfaatkan alat atau media digital untuk menjangkau target konsumen secara cepat, tepat dan luas. Selain itu juga bisa lebih efektif dan efisien dalam penggunaan dana iklan untuk kepentingan usaha atau bisnis.

Mengapa harus menggunakan Digital Marketing ?

karena dengan menggunakan digital marketing, pekerjaan yang akan dijalankan lebih fleksibel, dapat berkomunikasi dengan calon konsumen dengan mudah dan cepat, menghindari pemborosan resoure dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Keunggulan Digital Marketing

Mengapa strategi marketing yang satu ini sangat populer? Karena strategi ini menawarkan begitu banyak keunggulan, terutama bila dibandingkan dengan teknik marketing konvensional.

Keunggulan digital marketing yang bisa didapatkan berupa:

  1. Biaya Terjangkau
  2. Pengukuran Hasil Digital Marketing yang Akurat
  3. Digital Marketing untuk Menjangkau Target Pasar yang Ideal
  4. Digital Marketing Membuat Pasar menjadi Lebih Kompetitif
  5. Kemudahan untuk Merubah Taktik dan Strategi
  6. Digital Marketing mampu Menjangkau Target Pasar yang Lebih Luas

Strategi Digital Marketing

1. SEO (Search Engine Optimization)

Jika sudah memiliki aset digital berupa website (baik blog ataupun wordpress), Google My business, Sosial Media dan saluran digital lain yang digunakan untuk pemasaran online, maka wajib mempelajari Search Engine Optimization (SEO). SEO dalam bahasa sederhana bisa diartikan sebagai upaya untuk mempengaruhi mesin pencari Google untuk merekomendasikan bisnis kita dalam daftar pencarian online.

Menguasai SEO memang tidak mudah, setidaknya anda memahami dasar-dasarnya. Alasannya sudah tentu karena calon konsumen potensial anda menggunakan mesin pencari untuk menemukan produk barang atau jasa. Sejak adanya Google, sebagian besar orang mencari informasi secara online melalui mesin pencari (search engine).

Nah, SEO bisa membantu bisnis anda berada di peringkat teratas dan halaman satu mesin pencari. Menurut data yang dipublikasikan Google, website yang menempati peringkat pertama sampai ke tiga halaman satu pencarian online mendapatkan lebih dari 50 persen klik. Artinya, kesempatan audiens menemukan dan memutuskan untuk membeli produk kalian lebih besar. Melalui SEO akan dapat mendapatkan ribuan kunjungan ke website setiap hari. Hal ini membuka peluang yang lebih besar agar produk yang dijual diakses oleh konsumen potensial. Selain itu, juga harus menyadari bahwa kemungkinan besar banyak produk yang serupa dengan bisnis yang dijalankan. Menguasai SEO juga menjadi cara yang efektif untuk menyingkirkan kompetitor dari daftar pencarian online.

Yang perlu diketahui bahwa pengunjung mesin pencari merupakan orang yang sudah berniat untuk mencari informasi dan membeli produk. Sebuah website yang telah dioptimasi memiliki peluang untuk mendatangkan tingkat konversi lebih besar.

Pada dasarnya mesin pencari seperti Google menginginkan setiap penggunanya puas terhadap layanan mereka. Maka dari itu, Google akan merekomendasikan website terbaik berdasarkan kata kunci yang dicari audiens muncul dalam daftar teratas peringkat pencarian. Agar konten yang dibuat tidak sia-sia, ada baiknya melakukan riset kata kunci. Keywords dengan pencarian tinggi, memungkinkan konten akan masuk dalam peringkat atas daftar pencarian Google. Ada banyak website untuk riset kata kunci, misalkan Keyword Revealer, Semrush Keyword Overview tools, Wordtracker, dsb.

Contoh Website Untuk mencari Kata Kunci di SemRush

Contoh Website Untuk Riset Kata Kunci dari SEMRush Keyword Overview Tools

2. SEM (Search Engine Marketing)

SEM atau Search Engine Marketing adalah cara untuk meningkatkan visibilitas website pada halaman pencarian mesin pencari seperti Google. Jika SEO lebih ditujukan untuk meningkatkan performa website dalam daftar pencarian digital, SEM menjadi strategi promosi website. SEM meningkatkan visibilitas website melalui penelusuran berbayar.

Jika ingin mengiklankan suatu produk di mesin pencari, tentunya mendaftarkan website menggunakan metode Pay per Click (PPC), dan iklan Google Ads. Karena menjadi strategi promosi, SEM sangat penting dilakukan bagi website yang sudah dioptimasi secara organic menggunakan SEO. SEM membuat daya jangkau website lebih luas dan efektif lewat iklan.

Dengan kata lain, Perbedaan yang signifikan, yaitu SEO dapat dilakukan secara gratis dan perlu proses yang lama, sedangkan SEM dilakukan secara berbayar dan bersifat instant serta hanya terjadi pada masa berbayar saja.

3. Sosial Media Marketing

Social media marketing atau pemasaran media sosial adalah cara yang ampuh bagi bisnis digital dari semua ukuran untuk menjangkau prospek dan pelanggan. Pelanggan sudah berinteraksi dengan berbagai brand melalui media sosial, dan jika pemilik usaha tidak berinteraksi langsung dengan audiens melalui platform sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Pinterest, maka akan tertinggal dari kompetitor bisnis lain.

Pemasaran yang hebat melalui media sosial dapat membawa kesuksesan yang luar biasa bagi bisnis pemilik usaha, menciptakan loyalitas pada brand, dan bahkan mendorong prospek serta penjualan.

Pemasaran media sosial adalah salah satu cara terbaik untuk memasarkan bisnis pemilik usaha secara online.

Social media marketing pertama kali dimulai dengan penerbitan konten. Bisnis membagikan konten mereka di media sosial untuk menghasilkan trafik ke situs web mereka dan, semoga, akan berakhir pada penjualan. Tetapi media sosial telah berkembang jauh dari hanya sekadar tempat untuk menyiarkan konten saja.

Saat ini, bisnis menggunakan media sosial dengan berbagai cara. Misalnya, bisnis yang peduli tentang apa yang dikatakan orang tentang nama brand-nya akan memantau percakapan media sosial dan menanggapi penyebutan yang relevan (engagement media sosial). Bisnis yang ingin memahami bagaimana kinerjanya di media sosial akan menganalisis jangkauan, engagement, dan penjualannya di media sosial dengan alat analitik (analitik media sosial).

4. Market Place

Market place adalah suatu aplikasi atau website yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli di dunia maya, sekaligus bertindak sebagai pihak ketiga yang tidak hanya menyediakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli tetapi juga transaksi pembayaran.

Market place juga disebut sebagai gelombang kedua e-commerce yang memperluas kombinasi bisnis konsumen ke dalam interaksi B2B (Business to Business). Inti dari penawaran yang ada dalam pengertian market place adalah tempat yang mempertemukan pembeli dan penjual sesuai kebutuhan, sekaligus dengan dan menawarkan efisiensi dalam bertransaksi .

Market place memanfaatkan media online berbasis internet (web based). Ini adalah tempat kegiatan bisnis dan transaksi yang terjadi antara pembeli dan penjual. Pembeli maupun penjual bisa memperoleh berbagai keuntungan melalui transaksi di market place.

Dalam market place, pembeli dapat mencari supplier sebanyak yang ia inginkan, dengan melihat apada kriteria yang ada, dan menentukan supplier yang tepat dan sesuai harga pasar yang diinginkan. Bagi supplier/penjual, ia memperoleh manfaat dengan informasi berupa konsumen/ perusahaan yang sekiranya memerlukan produk/jasa yang mereka tawarkan.

Ada banyak manfaat market place yang bisa dinikmati penjual maupun pembeli. Manfaat inilah yang mendorong perkembangan market place semakin pesat dan semakin diminati banyak orang. Berikut adalah manfaat market place:

  1. Menjadi tempat berkumpulnya para pembeli
  2. Membuka banyak relasi antarpedagang
  3. Peluang promosi gratis/ tidak dipungut biaya
  4. Terdapat kemudahan dan keamanan pembayaran melalui rekening bersama
  5. Jangkauan promosi yang lebih luas
  6. Terdapat layanan kemudahan pengiriman, bahkan tawaran ongkos kirim gratis

Berikut ini adalah daftar market place Indonesia atau yang beroperasi di Indonesia, yang cukup populer dan banyak digunakan:

1. Zalora

Jumlah Pengunjung : 3,750,000 per bulan (2020)

Zalora merupakan situs market place yang mayoritas menawarkan produk fashion. Situs market place ini dianggap yang terbesar di Asia Tenggara. Market place yang berdiri di tahun 2012 ini telah berhasil beroperasi  di Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, Brunei, Filipina, Vietnam, Hong Kong hingga Taiwan.

2. Bukalapak

Jumlah pengunjung: 95.100.000 perbulan

Bukalapak adalah market place asli asal Indonesia. Market place ini menawarkan platform e-commerce yang menarik dengan berbagai program lengkap. Aneka brand dan aneka produk disediakan disini. Bahkan, ada juga fitur untuk belanja grosir yang bisa dimanfaatkan para mitra bukalapak.

3. Shopee

Jumlah Pengunjung : 95.300.000 perbulan

Shopee termasuk market place paling populer di kawasan Asia. Produk yang ditawarkan beraneka ragam, bahkan diklaim semuanya ada di market place ini. Market place yang sudah eksis di Singapura, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, serta di Taiwan ini pun populer karena program gratis ongkir yang ditawarkan.

4. Tokopedia

Jumlah Pengunjung  : 148.500.000 perbulan

Tokopedia digadang-gadang sebagai pasar online terbesar di Indonesia. Di Tokopedia, kita bisa berbelanja aneka rupa. Selain itu, Tokopedia sering mengajak masyarakat untuk membuka dan mengelola toko onlinenya melalui Tokopedia. Penggunaannya dianggap sangat mudah. Market place asal Indonesia ini pun telah banyak mengantongi investasi dari berbagai perusahaan modal ventura teknologi di dunia.

5. JD.id

Jumlah Pengunjung: 8.600.000 perbulan

Market place JD.id muncul layaknya department store online. Keunggulan yang ditawarkan JD.id adalah adalah originalitas produk. Berbagai produk mulai fashion, elektronik, gadget, keluarga hingga produk kesehatan tersedua di market place asal Tiongkok ini.

 6. Blibli

Jumlah Pengunjung : 34.200.000 perbulan

Blibli merupakan market place yang menawarkan aneka produk lengkap. Produk komputer hingga kesehatan dan kecantikan ada di sini. Bahkan, produk perawatan ibu dan anak, rumah dan dekorasi, otomotif, serta berbagai layanan promosi khusus, tiket, dan voucher juga bisa didapat di Blibli.

7. Lazada

Jumlah Pengunjung : 47.800.000 perbulan

Lazada adalah market place global yang telah hadir di Indonesia, Thailand, Filipina, Singapura, Malaysia, hingga Vietnam. Market place yang berdiri pada 2011 oleh Rocket Internet ini kini telah diakuisisi oleh perusahaan raksasa e-commerce China, Alibaba. Kini, Lazada semakin berkembang di berbagai wilayah di dunia.

Sumber :

  • Brunn, P., Jensen, M., & Skovgaard, J. (2002). e-Marketplaces: Crafting A Winning Strategy. European Management Journal, 20, 286-298. Retrieved September 22, 2014, from http://www.latec.uff.br/mestrado/sg_qualidade/Artigos%20Turma%20- %20segunda/science27.pdf
  • Digitalclassmarketer. Tt. Pengertian dan Tipe Market place. Diakses dari https://digitalclassmarketer.web.id/pengertian-dan-tipe-marketplace/
  • Efendi. 2019. Pengertian Market place Beserta Fungsi dan Jenis-Jenisnya, Yuk Disimak! Diakses dari https://www.nesabamedia.com/pengertian-marketplace/ Sasanadigital. 2019. 10 Market place Dengan Jumlah Pengunjung Terbanyak di Indonesia. Diakses dari https://sasanadigital.com/pilih-marketplace-atau-toko-online-sendiri-pahami-dulu-perbedaannya/

Untuk kelas XI BDP ini adalah materi Pembelajaran Daring kalian untuk Bisnis Online, Silahkan dibaca & dipelajari dengan baik, Silahkan klik link Absensi di bawah ini !

https://bit.ly/PEMBELAJARAN-DARING-BISNIS-ONLINE-XI-BDP

Related posts

Leave a Comment

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.